GAYA VIP, HONDA CIVIC

Dari sisi tongkrongan, Honda Civic dengan mesin berkapasitas 1.800 cc produksi 2008 ini hanya untuk konsumsi kontes saja. Saking cepernya, empat jari tangan ketika diposisikan berdiri tidak bisa masuk ke kolong mobil. Bahkan, camber roda belakang yang menggunakan velg 20 dibalut Toyo Prove4 245/30Z sangat negatif dan celup. Begitu juga roda depan. Ukuran velgnya sama, hanya ukuran ban lebih kecil, yakni 235/30Z.

Namun, gaya roda tadi menjadi unik karena dipadukan modifikasi pada bodinya. Pasalnya, konsep yang diterapkan Bayu Murti sebagai pemilik mobil sudah menyalahi kodrat. Sebab, Civic dilahirkan memiliki desain sporti dan futuristik sehingga sangat tidak mungkin untuk diubah jadi bergaya VIP. Namun, Bayu justru memilih konsep modifikasi paduan VIP dengan mobil-mobil Eropa yang punya garis-garis tegas dan aksen-aksen unik. "Bosan lihat Civic dimodifikasi racing atau bergaya JDM," jelas Bayu.

Keunikan lain, tampak pada fender. Mobil bergaya Eropa ini menggunakan fender fin. Bayu mengaku ide itu ia lihat dari majalah Jepang. Jadi, setelah dibuat wide sedikit, bagian itu dicoak buat bikin fender fin. Tadinya, ujar Bayu, sirip itu mau dikasih aksen krom, tapi gagal. Maka untuk sementara, bagian itu dicat hitam dulu. Civic ini juga bisa dengan santai merayap di keramaian lalu lintas Kota Pelajar. Polisi tidur maupun jalan bergelombang bisa dilewati tanpa mentok. Malah, ia pernah menyetir mobil ini dari Surabaya ke Yogyakarta. Rupanya, mobil sudah dilengkapi suspensi udara Universal 4-point. Proses naik-turun cukup cepat karena dikombinasi dengan Vi-Air twin compresor berkekuatan 480 Psi.

0 komentar: